Tentang Pm3

Gambaran Umum

Pesantren Masyarakat Merapi-Merbabu (PM-3) adalah lembaga dakwah yang bergerak dalam bidang pendidikan pada level akademik yang Islami, dengan memadukan sistem pendidikan salaf dengan pendidikan modern yang berkembang saat ini yang menitik beratkan kepada kemampuan pendalaman pengetahuan agama, hifdzul-Qur’an dan metode dakwah kemasyarakatan. Fasilitator pendidikan anak usia dini melalui Taman Kanak-kanak yang menitik beratkan pada kompetensi ideal anak muslim. Pendamping masyarakat di sekitar lereng Merapi-Merbabu dalam hal keagamaan, pendidikan taman Al-Qur’an, dan sosial ekonomi mikro serta hal-hal lain yang dianggap perlu dan positif.

Sejak awal berdirinya, Pesantren Masyarakat Merapi-Merbabu (PM-3) yang berada di bawah naungan Yayasan Pesantren Masyarakat Merapi-Merbabu, tidak berada di bawah organisasi, parpol, atau kelompok tertentu, tidak bersfilisasi pada golongan atau jama’ah tertentu , dan tidak berdiri pada satu sekte tertentu , tetapi berusaha berjalan sesuai dengan ketentuan Allah SWT, dan syari’at serta sunnah yang dibawa oleh Rosululloh SAW.

 

Sejarah Singkat Berdirinya PM3

Pada penghujung tahun 2010, tejadi erupsi gunung Merapi yang cukup menggemparkan dan mengakibatkan banyak korban jiwa yang berjatuhan. Pada tahun pertama pasca erupsi, masih banyak sekali dijumpai bantuan dari para donatur baik yang bersifat fisik, maupun non fisik. Namun dalam keberlanjutannya dimana seiring dengan menurunnya dana sosial yang ada, maka terjadilah banyak problematika masyarakat yang muncul, baik dari aspek sosial,ekonomi, pendidikan, dan keagamaan.

Beberapa tokoh masyarakat dalam sebuah kesempatan, berjumpa dan berdialog dengan salah seorang aktifis Relawan Masjid Indonesia (RMI) yaitu Ust. M. Fanni Rahman, dimana salah satu poin yang disampaikan adalah minimnya pendidikan bagi para pemuda dan anak-anak, lebih umumnya masyarakat disekitar Merapi-Merbabu, dalam hal umum dan agama. Sehingga dalam dialog tersebut, beberapa tokoh yang dimaksud mengutarakan sebuah harapan agar dapat berdiri sebuah lembaga pendidikan yang dapat menampung masyarakat di sekitar dua gunung tersebut untuk mendalami ilmu agama Islam yang shohih, dan sosial kemasyarakatan.

Setelah dialog tersebut, tim Relawan Masjid Indonesia kemudian menggagas dan menginisiasi agar dapat terwujud apa yang menajdi harapan positif warga tersebut. Sehingga dengan modal seadanya, memasuki masa akhir tahun 2011 mulailah didirikan pondasi bangunan pesantren, diawali dengan proses pembebasan tanah yang didirikan gedung pesantren di atasnya.

Selanjutnya tim Relawan Masjid Indonesia berjumpa dengan salah seorang konsultan dari Yayasan Satu Untuk Negeri Tv-One. Alhamdulillah, dengan izin Allah SWT, proposal yang kami ajukan mendapat acc dari kantor pusat Yayasan Satu Untuk Negeri Tv-One. Sehingga pada awal bulan Juni 2012, dimulailah kembali proses pembangunan gedung pesantren tersebut dan selesai pada bulan Mei 2013, sehingga pada bulan Juni 2013 sudah diresmikan secara simbolik di gedung SD Negeri 1 Blongkeng Muntilan, Magelang, Jawa tengah oleh Menteri Sosial saat itu bapak Dr. Salim Segaf Al-Jufri.

Saat sekarang ini gedung Pesantren Masyarakat Merapi-Merbabu (PM-3) terbilang sangat representatif dengan adanya sebuah aula, kantor, kamar tamu, 3 lokal kelas, 3 lokal asrama, dapur, perpustakaan, koperasi santri, lapangan takraw, badminton, tenis meja dan lain-lain. Dan Alhamdulillah atas izin Allah SWT melalui para muhsinin, pesantren kami saat ini sudah memiliki sekira 1500m2 tanah yang ada di belakang pesantren untuk didirikan gedung baru sebagai upaya memaksimalkan kerja dakwah ini.