Dakwah Sosial “Santunan Anak Yatim” Masjid Ibnu Mas’ud

Begitu banyak ayat-ayat al-Qur’an menjelaskan tentang tanggung jawab kita atau masyarakat agar memperhatikan dan memelihara anak yatim dari segi kejiwaan serta sosial kemasyarakatannya, dan kita dilarang untuk merendahkan, serta menghina kondisi mereka. Sebagaimana Firman Allah:

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, Orang-orang yang berbuat riya, Dan enggan (menolong dengan) barang berguna. (QS Al Ma’un: 1-7)

Begitu pula dengan FirmanNya dalam QS Adh Dhuha ayat 8-9: “ Dan dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu dia memberikan kecukupan. Sebab itu, terhadap anak yatim janganlah kamu berlaku sewenang-wenang.”

Oleh sebab itu, takmir masjid Ibnu Mas’ud mengadakan dalam program kerja tahunannya “Santunan anak yatim”. Program ini dilaksanakan pada bulan Muharram setiap tahunnya. Kebetulan tahun ini dilaksanakan pada hari jum’at, tanggal 23 Muharram 1439 H atau bertepatan pada tanggal 13 Oktober 2017.

Acara Santunan anak yatim kali ini dilaksanakan pada pukul 13.00 sampai 15.30 WIB kemudian dilanjutkan dengan sholat ashar berjamaah. Hadir dalam acara tersebut Bpk. Marpomo selaku kepala desa Wonolelo, Ust. Mustofa selaku Mudir PM3, Kadus dan takmir masjid se-desa Wonolelo, serta jamaah masjid Ibnu mas’ud. Dalam acara yang dihadiri kurang lebih 600 jamaah tersebut, tercatat ada 26 penerima santunan.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat Al Qur’an oleh Saudara Wagiman (Remaja Masjid Ibnu Mas’ud). Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bpk. Arifin selaku ketua Takmir masjid Ibnu Mas’ud. Setelah itu pembagian santunan yang dipandu langsung oleh bapak kepala desa yang sekaligus bendahara masjid Ibnu Mas’ud yaitu Bapak Marpomo. Selanjutnya penyampaian materi yang berkaitan dengan kewajiban serta fadhilah menyantuni anak yatim yang disampaikan oleh Ust. Zubaidi dari Wonolelo. Serta ditutup dengan do’a.

Harapannya dengan acara seperti ini kita sebagai ummat Islam, bisa benar-benar menjadi rahmatan lil ‘alamin. Menjadi ummat yang baik dalam berhubungan dengan Allah yaitu berupa selalu mentauhidkanNya. Serta mempunyai hubungan baik dengan sesama manusia dan makhluk Allah yang lainnya.

Semoga Amal ibadah kita diterima oleh Allah. Baik panitia yang telah totalitas mensukseskan acara. Kepada ibu-ibu jamaah As Sakinah dusun windusajan dan Mahasantriwati PM3 yang telah bekerja keras di belakang layar menyiapkan jamuan untuk para hadirin. Serta kepada jamaah sekalian yang telah berkenan hadir. Semoga kita termasuk kedalam golongan orang yang peduli terhadap sosial, terkhusus anak yatim, sehingga kita memperoleh fadhilah sebagaimana yang terdapat dalam hadits

عَنْ سَهْلِ بَْنِ سَعْدٍ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم : أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئاً

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.[HR al-Bukhari)

 

Bapak kepala desa, mewakili takmir masid menyampaikan“Kami segenap panitia menghaturkan terima kasih atas bantuannya dan partisipasi PM3 yang telah membantu terlaksananya acara dan kegiatan masjid Ibnu Mas’ud. Semoga Berkah. Jazakumullah khoir”