Nonton Bareng (Nobar) Film G 30 S/PKI

JASMERAH!!! “Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah”. Begitulah pesan Sang Proklamator, Ir. Soekarno. Pesan yang disampaikan oleh Presiden pertama RI tersebut sesuai dengan apa yang terdapat dalam agama Islam ini. Betapa banyak isi Al Qur’an yang menjelaskan tentang kisah-kisah orang terdahulu. Baik orang-orang shalih untuk diikuti, maupun orang-orang yang dimurkai untuk dihindari. Sungguh dalam kisah-kisah orang terdahulu, terdapat pelajaran-pelajaran yang bermanfaat untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Atas dasar tersebut, serta menyambut seruan Panglima TNI, maka Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu pada hari Ahad, 1 Oktober 2017 mengadakan acara Nonton bareng atau yang biasa disebut Nobar. Dengan film yang ditonton adalah film dokumenter “Pengkhiatan G 30 S/PKI”.

            Acara nobar ini dihadiri oleh Bapak Mujtahidin selaku Danramil Sawangan beserta staffnya, Mahasantri dan Mahasantiwati PM3, tokoh masyarakat di desa wonolelo serta jamaah disekitar Pesantren. Acara dimulai pukul 19.30 WIB (ba’da isya), dengan diawali sambutan danhimbauan dari Danramil Sawangan, bapak Mujtahidin. Kemudian dilanjutkan nonton bareng film “pengkhiatan G 30 S/PKI”.

            Para peserta nobar, terkhusus masyarakat sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Karena memang mereka sudah lama tidak menonton film tersebut semenjak reformasi. Dan dalam rangka mengantisipasi rasa kantuk, pihak panitia menyediakan wedang jahe dan tempe mendoan.

Semoga dengan acara semacam ini, dapat mengingatkan kita terhadap sejarah bangsa maupun agama kita. Sehingga kita dapat mengambil ibrah darinya. Dan semoga pula dapat meningkatkan ukhuwah, baik antara pesantren dengan masyarakat, maupun sesama masyarakat. Sehingga fungsi pesantren sebagai media dakwah dapat optimal dalam bersinergi dengan tokoh masyarakat, dan menjalin hubungan harmonis dengan masyarakatnya.

 

Laporan : M. Ari Pradana